Rabu, 25 Oktober 2023

VISITASI SMAN 2 KOTAMOBAGU, EKSPEDISI SISWA MENGENAL GEOGRAFI


MINAHASA - Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum melalui pimpinan fakultas menerima visitasi rombongan siswa dan guru SMAN 2 Kotamobagu pada Selasa (24/10). Diketahui rombongan tiba sekira pukul 12.30 WITA  disambut oleh Dekan, Bapak Recky Sendouw, PhD bersama jajaran.


Siswa kemudian dalam acara penyambutan mendengarkan materi mengenai pengenalan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum yang dipaparkan langsung oleh Dekan, Bapak Recky Sendouw, PhD. Dalam kesempatan materi pengenalan fakultas, Dosen Program Studi Geografi, Bapak Drs. Denny Maliangkay, M.Si memberikan materi kepada siswa tentang pengenalan dan konsep-konsep geografi. “Geografi mempelajari persamaan dan perbedaan geosfer yang ditinjau dalam sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan”. Kata Bapak Denny.  

Bapak Drs. Denny Maliangkay, M.Si menjelaskan kepada siswa konsep-konsep dasar, prinsip, prospek hingga kegunaan geografi. Dalam akhir presentasinya, Bapak Denny mengatakan bahwa geografi berguna dalam mengembangkan keterampilan, membantu dalam mempelajari dunia, memberikan informasi tentang masa lalu dan sebagainya. “Dari berbagai kegunaan geografi, perlu anda-anda tahu bahwa geografi merupakan ilmu yang kompleks”, lanjut Bapak Denny.

Setelah Bapak Denny selesai mempresentasikan soal pengantar geografi, Bapak Dekan mengenalkan beberapa pimpinan jurusan/program studi yang hadir; diantaranya Koordinator Program Studi IPS, Bapak Vidi Korompis, S.Pd., M.Pd, Koordinator Program Studi Administrasi Negara, Bapak Dr. Devie Siwij, SIP., MAP, dan Sekretaris Jurusan PPKn, Ibu Pdt. Telly Wua, S.Th., M.Pd.K selain Koordinator Program Studi Geografi Ibu Dra. Selvana Tewal, M.Si yang turut mendampingi dari awal visitasi. Kegiatan penyambutan ditutup dengan sesi tanya jawab dan Bapak Dekan memberikan hadiah kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat.

Kegiatan penyambutan yang dilaksanakan di Ruang Seminar & Ujian, dilanjutkan dengan kunjungan langsung siswa ke semua jurusan/program studi di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum.


Dalam sesi kunjungan langsung ke jurusan/program studi, beberapa siswa berkunjung ke Program Studi Geografi, Laboratorium Program Studi Geografi. Siswa langsung dikenalkan dengan beberapa alat-alat yang digunakan dalam praktikum, diantaranya stereoskop, teodolit, pH meter, teleskop cahaya, rain gauge hingga koleksi jenis-jenis batuan dan mineral. 


Siswa juga diberikan pengetahuan baru tentang geografi yakni penginderaan jauh dan interpretasi citra, dimana siswa langsung mencoba alat stereoskop disamping Jonathan Tempongpundale, Mahasiswa Program Studi Geografi menjelaskan secara singkat prospek geografi dalam hal penginderaan jauh. Siswa juga diberikan pengenalan alat-alat lain dalam bimbingan Koordinator Program Studi. 


Dalam akhir kunjungan siswa di Program Studi Geografi, Bapak Drs. Denny berharap dengan kegiatan ini ada diantara siswa ini bisa berminat di ilmu geografi. “Saya berharap diantara kalian-kalian ini ada yang bisa masuk di Program Studi Geografi” pungkasnya.


Adapun kegiatan siswa berkeliling di lingkungan fakultas hanya sekitar 10 menit, dan rombongan langsung meninggalkan lingkungan fakultas untuk melanjutkan visitasi ke tempat berikutnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda